PUSAT SOFTLENS MURAH KLIK DI SINI                    <<|>>                    SOFTWARE ADMINISTRASI OPTIK KLIK DI SINI                    <<|>>                    OPTOTIP/SNELLEN DENGAN MONITOR LCD KLIK DI SINI
Web Hosting
Home > Kelainan Penglihatan > Strabismus, Pandangan Tak Bisa Lurus

Strabismus, Pandangan Tak Bisa Lurus

Mata juling, kero.. demikian masyarakat umum menyebutnya. Strabismus adalah keadaan di mana garis pandang kedua bolamata tidak dapat searah tertuju ke satu titik obyek. Jadi, jika garis pandang salah satu mata dapat tepat ke satu titik obyek, garis pandang mata yang satunya lagi meleset dari titik obyek. Padahal, untuk mendapatkan kedalaman persepsi (mudahnya: efek 3 dimensi) yang sempurna atas suatu benda yang dilihat, dibutuhkan gabungan informasi dari penglihatan mata kanan dan mata kiri. Kedua informasi tersebut akan difusikan diotak hingga diperoleh kesan 3 dimensi dari obyek tersebut.
penglihatan dengan dua mata
Jika salah satu mata gagal memberikan informasi yang benar, maka kedalaman persepsi penglihatan akan menjadi tidak sempurna. Selain itu, strabismus juga dapat mengakibatkan gejala diplopia (melihat obyek jadi nampak ganda atau berbayang) dan menimbulkan keluhan pusing. Ini biasanya terjadi pada orang dewasa, di mana mata sudah tidak mampu beradaptasi dan mengabaikan ketidak samaan informasi yang diterima dari mata kanan dan kiri. Pada anak - anak yang menderita strabismus, otak akan mengabaikan ketidak seragaman informasi tersebut, dan memproses informasi dari salah satu mata yang masih baik. Ini membuat mereka tidak memiliki kedalaman persepsi penglihatan yang bagus, tapi tidak ada keluhan pandangannya nampak dobel/berbayang maupun pusing.

Penyebab
Penyebab juling yang pasti belum seluruhnya diketahui. Pada umumnya, strabismus disebabkan oleh ketidak seimbangan kerja otot - otot yang memegang dan menggerakkan bolamata. Bolamata kita, dipegang dan digerakkan oleh 6 otot. 2 otot untuk menggerakan dalam arah horisontal, 2 otot untuk vertikal, dan 2 otot lagi untuk memutar. Pada saat mata melihat ke satu titik obyek, diperlukan keserempakan kerja keenam otot tersebut agar kedua bolamata dapat mengarah ke satu titik.

Pada dasarnya, dikenal 2 jenis strabismus, yaitu strabismus laten (tersembunyi) dan strabismus manifes (nyata, tampak). Strabismus laten, sesuai dengan penyebutannya, deviasi/penyimpangan sumbu penglihatannya tidak akan terlihat begitu saja oleh orang lain. Sedangkan strabismus manifes, dapat ditengarai dengan tidak seragamnya posisi lingkaran hitam di kedua bolamata.
mata juling
Strabismus laten dapat diketahui dengan satu pemeriksaan sederhana, yang disebut dengan cover test. Caranya, pemeriksa dan yang diperiksa saling berhadapan sejarak jangkauan tangan. Atur posisi agar yang diperiksa masih dapat melihat jauh kedepan melewati samping kepala pemeriksa. Jadi, posisi pemeriksa berada agak di sebelah kanan (atau kiri) yang diperiksa. Lalu, yang diperiksa diminta untuk melihat lurus jauh di belakang pemeriksa, sementara pemeriksa menutup sebelah mata yang diperiksa (mata yang paling dekat dengan pemeriksa) dengan telapak tangannya (tidak perlu sampai menempel di wajah yang diperiksa). Kemudian buka secara tiba - tiba dan perhatikan mata yang baru saja ditutup tersebut dengan seksama. Bila nampak ada gerakan bolamata yang bergulir ke arah horisontal atau vertikal, berarti yang diperiksa tersebut menderita strabismus laten.

Penanganan
Kasus strabismus dapat ditolong dengan pemberian kacamata berlensa prisma. Selain itu juga dapat ditangani dengan tindakan operasi untuk memperbaiki keseimbangan otot pemegang bolamata. Pada beberapa kasus, bisa diperlukan tindakan penutupan sebelah mata (sementara) untuk mencegah terjadinya ambliopia.

  • Share/Bookmark

Mengcopy dan mempublish ulang artikel dari website ini diperkenankan, asal menyebutkan/mencantumkan (secara eksplisit) sumbernya serta tidak mengubah judul maupun isi artikel

  1. alexander
    February 10th, 2009 at 14:30 | #1

    seberapa efektif nya Bu kacamata Prisma

  2. February 13th, 2009 at 11:04 | #2

    :-) Vweheh.. maaf Mas.. saya cowok tulen ni..
    Kacamata yang dilengkapi dengan ukuran prisma efektif untuk menangani gangguan penglihatan yang timbul akibat strabismus, bukan untuk memperbaiki kondisi strabismusnya. Jika tidak ada komplikasi serius yang menyertai strabismus, kacamata berlensa prisma tersebut mampu secara signifikan mengurangi keluhan yang timbul akibat strabismus tersebut.

  3. deddy
    April 20th, 2009 at 09:40 | #3

    Apakah gangguan ini bisa terjadi scara tiba2..
    saya usia 33 thn. saat ini berkacamata minus 5.5 silinder1.25 kanan-kiri.
    sejak 2 hari lalu, pandangan saya menjadi double.. misal lihat tiang gitu jadi terliat 2 dan sama2 terlihat jelas. jadi tiang yg terlihat itu spt tidak mau jadi 1.

    apakah ini tanda2 gangguan spt yg disebut di atas??

    thanks

  4. April 20th, 2009 at 13:11 | #4

    Mas Deddy.. mohon maaf, saya belum pernah mendapat referensi apakah gangguan strabismus ini dapat terjadi secara mendadak.. Tapi, menurut pendapat saya, itu bisa saja terjadi. Apalagi bila sebelumnya didahului dengan adanya trauma (bisa dibilang:cedera) atau penyakit tertentu seperti diabetes, gangguan tekanan darah, dan lain-lain..
    Hanya saja, gejala diplopia (melihat obyek tampak ganda) seperti yang anda alami, tidak serta merta bisa disimpulkan bahwa anda menderita strabismus. Sebaiknya, segera periksakan penglihatan anda. Kalau anda yakin optikal langganan anda memiliki ahli Refraksi Optisi yang cukup expert, anda bisa ke sana. Jika tidak, sebaiknya hubungi dokter spesialis mata.

  5. May 31st, 2009 at 00:41 | #5

    katanya mata saya juling, klo melihat suatu obyek terlihat dobel. mata saya cepet lelah. yg terlihat juling sebelah kanan. Saya minder klo berhadapan dng orang lain, apalagi dihadapan org banyak.adakah cara untuk menutupi keadaan mata saya, supaya kelihatannya normal, klo bisa untuk penyembuhan. usia saya 33 tahun. saya malu dng keadaan ini. mohon bantuannya. terima kasih

  6. May 31st, 2009 at 14:18 | #6

    Untuk memperbaiki/menyembuhkan kondisi strabismus-nya, memerlukan tindakan operasi yang hanya bisa dilakukan oleh dokter spesialis mata. Operasi ini untuk memperbaiki keseimbangan tegangan otot2 penggerak/pemegang bolamata. Kacamata (dengan lensa prisma) hanya dapat mengkoreksi kelainan penglihatan yang timbul akibat strabismus tersebut, tapi tidak bisa menyembuhkan strabismus-nya. Untuk menutupi/menyamarkan kondisi strabismus tersebut, anda bisa memilih lensa yang berwarna agak gelap.

  7. nugroho
    July 26th, 2009 at 17:54 | #7

    untuk penderita phoria bs ndak pke kc mt bifocal/progresif?
    ad pengaruh ndak pengkoreksian phoria dengan cara pemberian PD pd kc mt yg menmblkn efek prisma?
    thanx

  8. July 26th, 2009 at 19:04 | #8

    bisa saja asal lensa yang dipakai tersebut juga dilengkapi dengan ukuran prisma.
    phoria (terutama dalam arah horisontal) juga bisa dikoreksi dengan efek prisma yang timbul dari desentrasi pusat optik lensa

  9. Wulan
    May 2nd, 2010 at 16:29 | #9

    Apa kalau usia sdh 17tahun msh bisa dioperasi?
    Kira2 brapa lama pengobatan mata juling exotropia smpai sembuh, bisa lebih dr 1 bulan?
    Apakah kalau sdh dioperasi tdk akan juling lg dikemudian hari?
    Kira2, tmpt utk operasi terbaik dmn ya?
    Dan brp biayanya, maaf tlalu byk tnya, habis sy bingung ni..
    Terima kasih

  10. May 2nd, 2010 at 21:32 | #10

    Jika pertimbangannya hanya soal usia, sejauh yang saya tahu masih sangat bisa Mbak..
    Untuk pertanyaan2 yang berikutnya, mohon maaf.. pengetahuan yang saya miliki tidak cukup untuk mampu menjawab dengan benar, karena memang konsentrasi bidang yang saya tekuni tidak mempelajari hal tersebut lebih banyak. Sebaiknya Mbak periksa dan konsultasi langsung dengan dokter spesialis mata. Sekali lagi, mohon maaf..

  11. aris
    October 10th, 2010 at 20:13 | #11

    akibat dari gagar otak yang saya derita membuat saya harus di operasi tapi setelah dioperasi mata kakan saya menjadi juling, disini saya mau tanya apakah mata saya bisa disembuhkan tanpa harus operasi ?

  12. October 11th, 2010 at 21:17 | #12

    tidak bisa mas.. satu-satunya (paling tidak saat ini) cara untuk merehabilitasi keadaan juling tersebut adalah dengan tindakan operasi untuk menyeimbangkan ketegangan otot2 pemegang bolamata.

  13. yeni
    December 7th, 2010 at 09:27 | #13

    Untuk mata juling apa pemakaian lensa prisma bisa membuat penderita kelihatannya tdk juling?brp harga kacamatanya ukuran 0,75 ?

  14. December 7th, 2010 at 18:53 | #14

    tidak bisa mbak.. lensa prisma hanya mengatasi keluhan/gangguan penglihatan yang timbul akibat juling tersebut, tidak membuat mata juling menjadi tampak normal..
    harganya? mm.. tergantung pilihan merek dan detail spesifikasinya mbak.. hubungi optik langganan anda saja untuk yang ini..

  15. adela
    July 23rd, 2011 at 21:04 | #15

    usia saya 14 tahun,dulu waktu saya konsultasi ke dokter spesialis mata yang saya datangi juling saya tidak bisa di obati dan menetap.Mungkin bisa di lakukan pembedahan tapi untuk menyamakan posisi bola mata saja.Keluhan yang saya alami adalah mata saya yang juling saat melihat tidak bisa jlas.Apakah benar itu tidak bisa berubah lebih baik?jika bisa berubah lebih baik dengan cara apa?

  16. July 24th, 2011 at 12:33 | #16

    Seperti di pertanyaan sebelumnya yang serupa, rehabilitasi mata juling hanya (terutama untuk di Indonesia saat ini) bisa dilakukan dengan operasi.
    Mengenai keluhan penglihatan yang tidak jelas, harus diperiksa dahulu apa yang menjadi penyebabnya. Jika keluhan tersebut hanya diakibatkan oleh kondisi julingnya sehingga hasil pembiasan tidak terfokus di fovea, masih ada kemungkinan untuk diperbaiki. Namun jika penyebabnya adalah karena ketidakjernihan cairan bola mata, kelainan retina atau pun syaraf penglihatan yang tidak bisa diperbaiki, maka keluhan penglihatan yang tidak jelas tersebut memang tidak bisa diatasi.

  17. adela
    August 1st, 2011 at 13:51 | #17

    Maaf,sebelumnya.Seingat saya kata dokter spesialis mata yang saya datangi,pengelihatan mata kiri saya yang tidak jelas ini di karenakan juling pada mata kiri saya.Berarti pengelihatan saya apakah masih bisa di sembuhkan?dengan cara apa menyembuhkannya?terimakasih

  18. August 1st, 2011 at 18:03 | #18

    Pembiasan yang tidak terfokus di fovea karena juling, masih ada kemungkinan bisa direhabilitasi dengan kacamata berlensa prisma.. tentunya membutuhkan pemeriksaan yang teliti untuk memastikan dan mengetahui ukuran dioptri prisma yang dibutuhkan.

  19. adela
    August 1st, 2011 at 20:30 | #19

    Terimakasih atas bantuannya,semoga usaha ini bisa membbuahkan hasil untuk mata saya,sekali lagi terimakasih.

  20. Anto
    August 2nd, 2011 at 09:03 | #20

    Dok. saya mau nanya, harga kacamata prisma berapa dan dimana saya bisa dapatekan? terus kalau operarasi mata juling kira2 membutuhkan berapa biaya-nya?

  21. adela
    August 2nd, 2011 at 11:07 | #21

    Dok,tadi saya sudah mengunjungi dokter spesialis mata dan tempat penjualan kacamata prisma.Tapi hasilnya mata saya tetap tidak bisa di gunakan melihat dengan jelas,bahkan sudah mencoba yang + dan - tinggi sekali pun.Dokter spesialis mata yang saya kunjungi tidak bisa memberi saran apa pun,hanya menyarakan untuk operasi tapi untuk menyamakan posisi bola mata saya saja.Apakah menurut dokter masih ada jalan lain?Seperti terapi atau yang lainnya?terimakasih.

  22. August 2nd, 2011 at 13:05 | #22

    Mas Anto dan mBak Adela.. maaf ya, saya bukan dokter..

    @Anto:
    lensa prisma untuk kacamata, biasanya adalah lensa yang dipesan secara khusus (bukan lensa stok), harganya biasanya di atas 250rb.. dipesan ke optik tentu saja..

    @Adela:
    Maaf mBak, seperti sudah saya sampaikan di awal jawaban ini, bahwa saya bukan dokter, dan saya juga tidak memiliki kapasitas pengetahuan yang cukup untuk menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan pengobatan. Untuk kasus juling/strabismus yang mBak alami, mohon maaf, yang bisa saya sampaikan ya hanya sebagaimana yang sudah saya sampaikan di beberapa jawaban di atas.
    Sekali lagi mohon maaf..

  23. August 2nd, 2011 at 19:27 | #23

    New comment on your post #18 “KONTAK”
    Author : suprihanto (IP: 114.79.63.177 , 114.79.63.177)
    E-mail : hadi*********@gmail.com
    URL :
    Whois : http://ws.arin.net/cgi-bin/whois.pl?queryinput=114.79.63.177
    Comment:
    Dear OpNis…
    Saya mempunyai anak laki-laki umur 7 tahun, sejak lahir matanya juling (kero).
    Bisa gak diatasi dgn kacamata prisma? tanpa harus meleui operasi mata.
    trims.

    Kasus juling pada anak, membutuhkan pemeriksaan lebih seksama untuk mengetahui penyebabnya. Beberapa kasus juling pada anak disebabkan oleh akomodasi yang berlebihan. Untuk kasus seperti ini, belum tentu membutuhkan kacamata prisma. Sebaiknya putra anda segera diperiksakan ke dokter spesialis mata untuk memastikan penyebabnya.

    Oh ya, kasus juling yang sudah terlihat (juling nyata, strabismus manifes) kebanyakan sulit untuk diatasi dengan lensa prisma, karena keterbatasan pembuatan lensa prismanya..

  24. Tb Yans
    October 1st, 2011 at 19:28 | #24

    Dok saya mau tanya, saya usia 38 thn mata saya juling tiba2 setelah mengalami gejala struk, posisi mata satu ditengah dan satu lagi di pinggir dekat hidung, sudah hampir 7 bln ada perubahan mata sudah hampir normal, tapi penghilatan masih double ke samping.
    apakah bisa saya menggunakan kacamata prisma, dan apa obatnya untuk mata saya ini, trima kasih…

  25. October 3rd, 2011 at 14:01 | #25

    Bisa dan tidaknya lensa prisma mengatasi keluhan diplopia (obyek yang dilihat nampak ganda) anda, ditentukan oleh hasil pemeriksaan refraksi yang bisa anda mintakan ke Refraksionis Optisien (di optikal/poliklinik mata/RS mata) atau dokter spesialis mata.

    Oh, ya.. sekali lagi, saya bukan dokter..

  26. Tb Yans
    October 7th, 2011 at 19:42 | #26

    Kalau penyakit yg saya derita ini termasuk kategori strabismus bukan, ya…

  27. October 7th, 2011 at 21:52 | #27

    juling yang sudah tampak = strabismus manifes = heterotropia
    juling yang tidak nampak = strabismus laten = heterophoria

  28. sara
    February 10th, 2012 at 09:13 | #28

    saya mau tanya. saya memiliki anak yg berumur 19 tahun dan menderita strabismus. mata sebelah kiri anak saya minus 0,5 namun yg sbelah kanan minus 17. yg saya mau tanya apakah mata minus anak saya yg menyebabkan strabismus? atau sebaliknya? apakah anak saya masih bisa disembuhkan? trims tlg balsannya.

  29. February 11th, 2012 at 17:35 | #29

    Kasus anisometropia tinggi (daya refraksi mata kanan dan kiri jauh berbeda) yang dialami sejak kecil, kadang bisa menjadi penyebab strabismus. Mengenai masih bisa disembuhkan atau tidak, mohon maaf, kapasitas pengetahuan saya tidak cukup untuk menjawab dengan benar.. sebaiknya anda konsultasikan dengan dokter spesialis mata..

  30. aldo aldy
    February 14th, 2012 at 19:29 | #30

    kalau cara penyembuhan mata strabismus atau mata kero dengan cara di pijat ada gak …

    thanks …

  31. SMFauzie
    May 6th, 2012 at 12:48 | #31

    @adela
    Mbak adela,,kondisi anda saat ini sama dengan saya.
    Menurut dokter memang tdk bisa sembuh,,saya sudah konsul kebeberapa dokter spesialis mata. Dan selalu jwbannya tdk akan sembuh mskipun dilakukan tindakan operasi.
    Akan lebih banyak timbul efek negatif ketimbang positif.
    Seperti mata merah, suka gatal, mata menjadi lurus tp tdk dpt dipastikan kekaburan pd mata akan sembuh. Terlebih,,bila anda coba tekan mata kiri dan kanan anda..pasti akan menemukan perbedaan. Mata yg sakit terasa lebih empuk dr yg sehat.
    Saat ini kita cuma bisa berdoa akan ada obatnya. AMIN

  32. vidha
    January 5th, 2014 at 13:12 | #32

    dok.. sya mau tnya… mata saya itu juling (yg satu bola mata nya ada di tengah. yg satu ada di dekat hidung..).
    saya malu sekali jika bertatap muka dengan orang lain….apakah ada cara lain selain operasi itu untuk menormal kan mata sya kmbli dok…TERIMA KASIH

  33. February 5th, 2014 at 11:37 | #33

    Maaf, saya bukan dokter..
    Sejauh yang saya tahu, tidak ada. Karena mata juling biasanya disebabkan oleh ketidakseimbangan tegangan otot2 pemegang/penggerak bola mata, dan cara untuk memperbaikinya adalah dengan dilakukan operasi untuk menyeimbangkan kembali otot2 tersebut.

Komentar atau pertanyaan, tulis di sini


Bila tidak sesuai dengan topik yang sedang dibahas, mungkin tidak akan direspon. Yang bernada spamming akan segera dihapus.