PUSAT SOFTLENS MURAH KLIK DI SINI                    <<|>>                    SOFTWARE ADMINISTRASI OPTIK KLIK DI SINI                    <<|>>                    OPTOTIP/SNELLEN DENGAN MONITOR LCD KLIK DI SINI
pusat softlens
Home > Lensa Kontak > Soflen Berkadar Air Tinggi Lebih Bagus Mutunya, Anggapan Keliru

Soflen Berkadar Air Tinggi Lebih Bagus Mutunya, Anggapan Keliru

Konvensi:
Soflen, meskipun istilah itu (sejauh yang saya tahu) belum dibakukan secara resmi sebagai pengindonesiaan dari kata softlens, dalam artikel ini (dan mungkin artikel2 selanjutnya) akan saya gunakan sebagai istilah yang bermaksud sama dengan softlens.


Meski belum pernah ada yang menyatakannya secara langsung, sebagian besar pengunjung optik saya yang hendak membeli soflen terkesan punya anggapan seperti itu. Kebanyakan dari mereka selalu membandingkan dan menghindari soflen yang berkadar air kurang dari 50%.

Softlens dibuat dari bahan polymer yang hydrofilic atau dapat mengandung air, bukan bahan aslinya yang mengandung air. Itu berarti bahwa soflen tersebut memiliki pori-pori yang akan menyerap cairan dari tempat di mana dia diletakkan. Yak.. bisa dibilang sifatnya seperti spon/busa. Dengan demikian, soflen yang diinformasikan memiliki kadar air lebih tinggi, tentunya memiliki pori-pori yang akan menyerap cairan lebih banyak dari pada soflen berkadar air lebih rendah. Jadi, jika soflen tersebut diletakkan di mata pemakai, soflen berkadar air lebih tinggi akan menyerap air mata lebih banyak dari pada soflen berkadar air rendah.

Efek dalam pemakaian.
Patut diketahui bahwa lensa kontak (temasuk soflen) yang dipakai sebenarnya tidak benar-benar menempel pada kornea, tapi mengambang pada air mata yang melapisi kornea. Lapisan air mata ini terbentuk/terbarui setiap kali mata berkedip. Soflen disebut terpasang secara ideal jika masih dapat bergeser sejauh ±1 mm setiap kali mata berkedip. Ini untuk memberi kesempatan perbaruan lapisan air mata.
Untuk mempermudah pemahaman penjelasan berikutnya, terlebih dahulu saya ajak anda sedikit bermain-main. Sediakan sebidang kaca apa saja. Boleh gunakan cermin anda. Sediakan juga 1 potongan kecil (1 cm2 cukup) kertas buram dan 1 potongan kecil kertas glossy (atau jenis kertas lain yang lebih tinggi densitasnya). Untuk mendapatkan efek yang lebih tinggi perbedaanya, potongan kertas glossy bisa diganti dengan potongan plastik. Basahi kaca dengan air, taruh ke dua potongan kertas tadi ke atas kaca yang basah tersebut. Sekarang, coba geserkan masing-masing potongan kertas tersebut bergantian. Mana yang lebih mudah digeser?
Ternyata, potongan kertas glossy (atau plastik) yang kemampuannya menyerap cairan lebih sedikit dari pada kertas buram, lebih mudah bergeser dari pada potongan kertas buram. Yang demikian itu berlaku juga pada soflen. Jika dipakai pada mata yang sama, soflen yang berkadar air lebih rendah akan lebih mudah bergerak/bergeser dari pada yang berkadar air lebih tinggi. Artinya, soflen berkadar air lebih rendah kondisinya akan lebih longgar dari pada yang berkadar air lebih tinggi.
Kemampuan mata seseorang dalam menghasilkan air mata, bisa berbeda antara satu dengan yang lain. Ada yang cenderung berlebih, ada yang normal, ada pula yang cenderung kurang. Jika soflen berkadar air rendah dipakai pada mata yang cenderung berlebih air matanya, akan dapat terjadi kondisi soflen yang terlalu longgar sehingga gerakannya berlebihan dan mudah terlepas. Jika soflen yang berkadar air tinggi dipakai pada mata yang cenderung kurang air matanya, akan dapat terjadi kondisi soflen yang terlalu ketat. Ini dapat menyebabkan kornea kekurangan oksigen (hypoxia) dan menyebabkan munculnya pembuluh darah pada kornea (hal yang tidak boleh terjadi).

Pemilihan yang benar.
Cara memilih yang paling efektif adalah dengan mencoba kedua jenis soflen tersebut secara langsung. Ahli Refraksi Optisi yang berkemampuan baik akan dapat menilai pola gerakan soflen yang terpasang.
Opini:
Maraknya penjualan soflen berharga (sangat) murah, cenderung membuat layanan tersebut sangat jarang didapat oleh calon pembeli. Maklum lah, untuk dapat menjual dengan harga sangat murah, tentunya harus mengurangi beberapa unsur biaya yang membebani penjualan. Menurut kelakar teman saya yang ini: “Murah kok njaluk apik” :-D

  • Share/Bookmark

Mengcopy dan mempublish ulang artikel dari website ini diperkenankan, asal menyebutkan/mencantumkan (secara eksplisit) sumbernya serta tidak mengubah judul maupun isi artikel

Categories: Lensa Kontak Tags:
  1. ayu diyah harni susanti
    September 17th, 2009 at 18:19 | #1

    lalu dimana qta bisa menemukan ahli refraksi optisi yang berkemampuan baik? rumah sakitkah? atau..

  2. September 19th, 2009 at 11:59 | #2

    di optik bisa, di rumah sakit maupun poliklinik mata juga bisa.

  3. q-ya
    November 15th, 2009 at 08:23 | #3

    pak..saya mau tanya..saya pernah mencoba memakai softlens dengan kadar air rendah tapi yg terjadi malah mata saya smakin kering dan sering berkedip dan apabila memakai softlens dengan kadar air tinggi malah menjadi lebih baik..brarti yang terjadi pada mata saya itu apa ya?tlong penjelasannya.makasii

  4. November 15th, 2009 at 21:00 | #4

    hmm.. kalau benar mata menjadi semakin kering seperti yang anda sampaikan, saya malah heran dengan anomali seperti itu.. tapi bisa jadi peningkatan frekuensi berkedip bukan karena kering betulan, tapi respon atas ketidaknyamanan akibat lensa kontak yang tidak bisa fit dengan ideal..
    kondisi mata termasuk kering atau bukan hanya bisa diketahui secara tepat dengan pengukuran (kebanyakan dengan Schirmer’s test). Di luar itu semua, berhubung anda sudah menemukan lensa kontak yang cocok, sebenarnya sudah tidak ada yang perlu dirisaukan lagi kan? .. :-)

  5. lyla
    December 10th, 2009 at 10:10 | #5

    sebener nya..berapa harga softlens rata2 yg berkualitas tinggi?merk barbie eye dari korea itu bagus tidak?soal nya saya baru pertama kali memakai softlens :D..TOLONG JAWABAN NYA DI KIRIM KE EMAIL SAYA lylafitria@ymail.com..makasih

  6. December 10th, 2009 at 12:08 | #6

    Vwhaduh.. kalau yang ditanyakan yang berkualitas tinggi, saya repot njawabnya mbak.. soalnya saya juga tidak tahu persis apakah suatu soflen berkualitas tinggi atau tidak jika belum pernah melihat dan mencobanya langsung.. sependek yang saya tahu, bahan dasar pembuatan soflen itu *saat ini* sama.. kualitas selanjutnya tergantung dari desain kurvature pada soflen tersebut.. hasil dari desain kurvature tersebut *lagi2 sependek pengetahuan saya* baru bisa diketahui dengan perangkat penganalisa khusus, atau dengan mencobanya langsung. Saya belum pernah mendapatkan referensi tentang hasil uji coba *baik dengan perangkat khusus atau dengan pemakaian* terhadap suatu soflen/lensa kontak merek tertentu.

    Secara umum, barang yang berkualitas baik biasanya juga meminta biaya pengadaan yang “baik”. Dengan merujuk pada hal ini, anda tinggal membandingkan harga dari masing-masing merk/type soflen yang sering anda temui. Sulit benar bagi saya untuk menginformasikan “harga rata2 soflen yang berkualitas tinggi” tanpa saya yakin soflen2 tersebut benar2 berkualitas tinggi.

    Maaf kalau jawaban saya mbulet..

  7. dini
    December 11th, 2009 at 05:58 | #7

    saya pgn tany, jika soflen jatuh dilantai apakah bisa dipakai kembali lalu apa bedany soflen yang 6 bulan sama yg 1 tahun??? trimaksh…!!!

  8. December 13th, 2009 at 12:18 | #8

    Bisa saja asal dibersihkan hingga benar2 bersih dan steril.
    Soflen untuk masa pakai yang lebih lama biasanya akan memiliki kadar air yang lebih rendah dari pada soflen bermasa pakai lebih singkat, karena dengan rendahnya kadar air tersebut akan membuat struktur bahan soflen menjadi lebih rigid dan kuat sehingga tidak mudah berubah bentuk curvature/kelengkungannya.

  9. widya
    December 16th, 2009 at 17:20 | #9

    “nice info pak!” ^_^ masih banyak yang keliru tentang kadar air ini pak.

  10. hariani
    December 29th, 2009 at 21:40 | #10

    saya mau tanya,saya rasa mata saya kering bgt kalo pake softlanse dan terasa ketat, saya pake merek oxife.kira2 ada pengaruh tidak? dan bagusnya pakai merek apa yg sesuai dengan kondisi mata saya, agar terasa nyaman.trims

  11. December 30th, 2009 at 18:57 | #11

    mBak Hariani, saya tidak akan merekomendasikan merk. Saran saya, cari soflen yang memiliki kadar air lebih rendah dan atau yang diameternya lebih kecil dari pada merk yang anda pakai itu. FYI, kesalahan pemilihan soflen seperti yang anda alami tidak akan terjadi jika dalam memilih soflen tidak sekedar berlandaskan pada kesukaan terhadap warnanya saja. Ada baiknya para peminat/pemakai soflen mengetahui cara memilih soflen yang cocok dengan kondisi matanya. Mengapa demikian? Saat ini banyak penjual soflen yang hanya bisa menjual saja, tidak dibekali dengan pengetahuan yang memadai, sehingga harga yang ditawarkan adalah harga asal barangnya laku, karena mereka tidak memperhitungkan/memberikan layanan profesional.

  12. June 29th, 2010 at 14:11 | #12

    saya mau tanya nih, pertama kali saya pake lens koq ddlm mata saya koq seperti ad sampah yg bias msk kmata y?

  13. June 29th, 2010 at 16:02 | #13

    Pemakai softlens yang belum terbiasa, biasanya akan merasakan efek seperti mengganjal selama +/- 10 menit, maksimal 15 menit. Jika efek tersebut terus terasa selama pemakaian, berarti ada ketidakcocokan dengan softlens tersebut. Bisa karena longgar, atau malah ketat. Penilaian apakah softlens yang dipakai benar2 fit, biasanya hanya bisa dilakukan dengan observasi oleh praktisi yang memiliki pengetahuan yang cukup tentang softlens.

  14. Saharudin
    July 3rd, 2010 at 00:44 | #14

    Saya mau tanya, gimana ya caranya agar mengukur tinggi, lebar, ketebalan garis objek huruf pada snellen chart???? makasih sebelumnya

  15. July 3rd, 2010 at 11:45 | #15

    Lain kali, harap sesuaikan pertanyaan dengan topik yang sedang dibahas pada artikel di atasnya..

    Untuk pertanyaan anda, silahkan baca2 artikel yang ini

  16. zee
    September 19th, 2010 at 09:40 | #16

    salam kenal paknenisn…..
    sy mndpt byk info dr situs bpk..terimakasih sebelumnya..
    sy pernah mnggunakan soflens suatu merk dg kondisi 45% water, BC. 8,6 , diameter 14..
    dgn kondisi tsb yg sy rasakan adalah geser2 pd saat wudlu,,lucunya bs hilang2 keatas nyelip smpe stiap kali abis berwudlu hrs sy tarik sndiri dg jari sy agar soflensnya turun ke posisi awal.. apakah itu dikrnakan kadar air rendah shg trlalu longgar pd saat berwudlu? apa sy hrs menggantinya dg kadar air lbh tinggi? apa krn diameternya? mohon pencerahannya dr paknenisn….
    terimakasih..

  17. September 19th, 2010 at 14:14 | #17

    salam kenal kembali..
    Softlens terasa/terpasang longgar disebabkan oleh Base Curve (BC) yang terlalu besar bila dibandingkan dengan lengkung kornea. Solusi yang paling tepat adalah dengan berganti softlens yang memiliki angka BC lebih kecil/rendah. Hanya saja langkah ini sangat sulit dilakukan, mengingat sebagian sangat besar softlens yang beredar hanya menyediakan 1 ukuran BC, yaitu 8,6.

    Solusinya adalah dengan berganti softlens yang memiliki kadar air lebih tinggi, atau yang berdiameter lebih besar. Atau bisa juga kombinasi keduanya. Silahkan baca artikel yang ini untuk panduan lebih lengkapnya.

  18. erni
    November 29th, 2010 at 10:16 | #18

    saya pengguna softlens harian dengan kadar air 69%, selama ini dipakai biasa2 aja, tp belakangan saat mau memakai softlens.. softlensnya tidak mau menempel pada mata kiri, sedangkan yang di mata kanan biasa2 aja.. apakah ini pengaruh dr softlens kadar air tinggi?? mata saya memang mata yg cenderung kering… mohon informasinya..
    terimakasih

  19. December 3rd, 2010 at 11:19 | #19

    pakai softlens yang biasa dipakai atau ganti (merek) baru? jika kiri kanan ukurannya sama, coba dibalik, yang kanan pasang ke kiri.. jika dapat terpasang dengan kondisi nyaman, kemungkinan besar softlens yang susah nempel tersebut memang (sudah)rusak..

  20. venz
    January 1st, 2011 at 02:54 | #20

    pagi mas… numpang tanya…
    saya minus 1 dan kemaren nyoba softlense dengan diameter 14mm, dan Kadar Air 42%, dan ukuran minus yang sama (minus 1).

    (fyi : itu bener2 momen perdana sy nyoba pake softlense).

    efek yg sy rasakan yaitu mengganjal mas. baik dari segi pemakaian (rasanya mengganjal, kalo di ruang ber-AC terasa kering sehingga kadang sy teteskan obat tetes untuk membasahinya), dan juga dari segi pandangan (penglihatan sih jelas which means bisa melihat benda-benda jauh dengan jelas. namun perasaan kok kayak ada selaput air yang seolah2 ‘menggenang’ di mata sy).

    kira2 sumber masalahnya dimana ya mas? diameter, ukuran minus nya, atau kadar air nya?

    terima kasih

  21. January 2nd, 2011 at 15:05 | #21

    perasaan mengganjal biasanya mulai tak terasa setelah l/k 15 menit pemakaian loh.. kalau terasa mengganjal terus, ada kemungkinan softlens terpasang dalam keadaan terbalik (lengkungnya, bukan kiri atau kanan-nya), atau.. bisa juga disebabkan oleh kondisi softlens yang rusak.

    di ruang berAC memang biasanya membuat mata yang memakai softlens terasa cepat kering.

    perasaan seolah-olah ada airmata yang menggenang itu yang perlu observasi lebih teliti.. apakah disebabkan oleh “gambar/warna ring dalam” yang terlalu kecil (eh, pakai softlens warna kan?), atau benar2 oleh spesifikasi softlens yang kurang cocok dengan kondisi mata. sebaiknya segera temui praktisi yang benar2 berkompeten. kalau ukuran minus-nya, jelas bukan menjadi penyebab..

  22. venz
    January 3rd, 2011 at 07:02 | #22

    venz :
    pagi mas… numpang tanya…
    saya minus 1 dan kemaren nyoba softlense dengan diameter 14mm, dan Kadar Air 42%, dan ukuran minus yang sama (minus 1).
    (fyi : itu bener2 momen perdana sy nyoba pake softlense).
    efek yg sy rasakan yaitu mengganjal mas. baik dari segi pemakaian (rasanya mengganjal, kalo di ruang ber-AC terasa kering sehingga kadang sy teteskan obat tetes untuk membasahinya), dan juga dari segi pandangan (penglihatan sih jelas which means bisa melihat benda-benda jauh dengan jelas. namun perasaan kok kayak ada selaput air yang seolah2 ‘menggenang’ di mata sy).
    kira2 sumber masalahnya dimana ya mas? diameter, ukuran minus nya, atau kadar air nya?
    terima kasih

    iya bener yg warna
    hm,,jadi dari segi spesifikasinya (kadar air dan diameter) ga ada masalah mas?
    bingung juga sih karena yang dipasaran kebanyakan (bahkan selalu) diameter nya segitu, kadar airnya 42 atau 55 % saja pilihannya.

  23. January 3rd, 2011 at 12:35 | #23

    kan sudah saya kemukakan kalau perlu observasi yang lebih teliti.. karena sebenarnya pemilihan diameter, base curve, dan kadar air softlens harus disesuaikan dengan kondisi mata pemakainya. sayangnya, banyak penjual softlens yang tidak melakukan/memberikan layanan observasi tersebut..

    sebenarnya terdapat beberapa pilihan diameter softlens (14,0/14,2/14,5/14,8 …). sayangnya (lagi), tiap merek/varian softlens kebanyakan tidak menyediakan pilihan spesifikasi. untuk mendapatkan spesifikasi yang berbeda, terpaksa harus berganti merek/varian softlens lain yang spesifikasinya sesuai dengan yang dicari..

    btw, lain kali nggak usah di-quote yah..

  24. melina
    January 12th, 2011 at 00:32 | #24

    minta tolong saranya ya..:)
    saya pernah pake soflen warna yg kejadiannya sama dg zee (contents nya ga inget)…tp cuma mata kanan saja…hbs itu saya ganti dg soflen bening dg bc 8.8, dia 14, kadar air 58%..trs udah lumayan ngga naik2 lagi..nah sekarang saya mau ganti soflen lagi, warna, tp kebanyakan smuanya jual dg bc n kadar air yg lebih rendah, tp Diameter lebih besar..apa kejadian soflen naik2 itu bakal terulang lagi?
    trus soflen2 yg pernah saya pake, kl dipake setelah beberapa jam bisa kumat naik2nya, tp ga sampe parah kaya kejadian pertama yg naiknya sampe2 ga keliatan lg soflennya…
    thanks before..:))

  25. January 17th, 2011 at 23:53 | #25

    kalau softlens yang akan dipakai masih memiliki spesifikasi yang mirip/mendekati dengan softlens yang pertama, tentunya kejadian softlens serasa longgar dan naik2 akan terulang lagi..

    untuk berganti softlens, silahkan mengacu pada spesifikasi softlens yang sudah nyaman dipakai, lalu, pedoman komprominya silahkan baca artikel yang ini

  26. sani
    February 9th, 2011 at 18:56 | #26

    maaf mas mau nanya, saya sudah 3x pake softlens berbeda merk.
    1. yg pertama kadar air: 55%, dia: 14,5mm. pertama kali pake dan paling enak,,tapi gampang robek. karena susah cari merk ini, ganti pake merk lain.
    2. kadar air: 55%, dia: 14,2 mm. ga nyaman, kerasa pinggirannya nusuk2 gitu, mgkn karena diameternya terlalu kecil apa kurang cekung.
    3. kadar air: 45%, dia: 14,5mm. ga nyaman juga. kerasa kering dan kalo kelamaan pake suka terasa mual.
    pertanyaannya berarti saya paling cocok sama softlens yg pertama kan? tapi kalo misal saya pake softlens yg kadar airnya 60% dgn diameter 14,5mm apa saya cocok ya? atau sebaiknya saya pake yg gimana?
    terima kasih..

  27. fitri
    April 11th, 2011 at 15:11 | #27

    siang mas…
    saya mau nanya nih….
    saya dulu pernah pakai softlense….
    udah sekitar 3 tahun an la saya pakai…..tpi pas terakhir ada yang salah sama mata saya…
    mata saya gk biza terbuka….air mata ngalir terus kalo saya paksa membuka mata…
    saya periksa ke dokter katanya mata saya infeksi karena pakai softlense

    nah sekarang saya coba pakai softlense lagi…kira-kira jaraknya satu setengah tahun dari kejadian itu.
    tapi baru 2 hari saya pakai….mata saya sakit lagi
    yang mau saya tanyakan
    mengapa mata saya bisa infeksi seperti itu?? apa salah dimata saya atau softlensenya??
    apa saya tidak biza pakai softlense lagi???
    dan apa bila saya tetap pakai softlense bisa membuat kebutaan???

    terimakasioh

  28. April 12th, 2011 at 14:27 | #28

    @sani
    seingat saya, saya sudah pernah menjawab pertanyaan ini, tapi kok ilang ya.. jangan2 database-nya ngaco nih.. saya jawab ulang:
    1. Jika sudah nyaman dengan spesifikasi pertama ini, sebaiknya gunakan data spesifikasinya sebagai patokan dalam mencari softlens pengganti. Silahkan cek softlens ini, spesifikasinya persis dengan yang anda pakai pertama.

    2. Softlens sedikit lebih longgar.. mungkin posisinya jadi tidak sentris sehingga salah satu sisi softlens sedikit terangkat dan meng-gesek2 kelopak mata. Akibatnya ada sensasi seperti tertusuk-tusuk..

    3. Sebenarnya dengan kadar air softlens yang lebih rendah, justru air mata yang terserap oleh softlens juga jadi makin sedikit, dus “kerasa kering” sebenarnya tidak akan terjadi. Mata menjadi kekurangan airmata jika softlens yang dipakai terlalu tinggi kadar airnya, karena softlens berkadar air tinggi akan menyerap air mata lebih banyak. Softlens berkadar air lebih rendah juga akan lebih longgar dari pada yang berkadar air tinggi. “Kerasa kering” yang anda rasakan membutuhkan observasi lebih teliti untuk mendapatkan jawaban yang lebih tepat.
    Mengenai softlens dengan kadar air 60%, silahkan pertimbangkan lagi uraian di atas. Penentuan pilihan yang paling ideal, membutuhkan observasi langsung terhadap kondisi mata calon pemakai. Tidak bisa hanya dengan mendengar/mempelajari kesan/keluhan dari calon pemakai. Jadi, sebaiknya anda bertemu langsung dengan ahlinya, atau jika tidak memungkinkan, ya dengan mencoba softlensnya secara langsung..

  29. April 12th, 2011 at 14:34 | #29

    @fitri
    kemungkinan besar, alergi terhadap bahan2 yang dipakai dalam perawatan softlens. punya riwayat alergi? (apapun)..

    pemakai softlens yang pernah mengalami trauma, atau memiliki riwayat alergi, sangat disarankan untuk mendapat rekomendasi dari dokter ahli sebelum memutuskan untuk memakai softlens(lagi). Sayangi mata anda, karena jika rusak, sangat sulit untuk memperbaiki atau mendapatkan penggantinya..

  30. fitri
    April 12th, 2011 at 17:22 | #30

    tp setau saya, sya gk pnya alergi apa-apa sama obat berbahan kimia…

    ok deh..

    makasi y mas atas saran dan masukkannya….:)

  31. April 12th, 2011 at 18:58 | #31

    ada beberapa orang yang jaringan kornea-nya rentan terhadap zat2 pembersih softlens, apalagi yang sudah mempunyai riwayat trauma seperti anda.
    bagaimanapun, untuk kasus seperti anda, kacamata merupakan pilihan yang paling aman untuk mengkoreksi kelainan refraksi pada mata.. atau, jika financial tidak menjadi issue penghambat, pertimbangkan untuk melakukan Lasik, terutama jika minus-nya termasuk tinggi (> 6.00D)

  32. hynx
    July 14th, 2011 at 09:32 | #32

    bos, waktu itu saya jatuh soflen lalu ketemu lagi setelah 8 jam
    itu soflen dah keras dan udah tidak lentur
    apakah masih layak dipakai yah?
    thx

  33. July 14th, 2011 at 11:16 | #33

    Sebaiknya tidak dipakai lagi. Berdasarkan pengalaman saya pribadi (sengaja mencoba), softlens yang sudah terlanjur kering dan kaku beberapa jam, kemudian dicuci dan direndam hingga lentur lagi, tetap saja terasa pedih waktu dipakai lagi.

  34. selvi
    July 27th, 2011 at 20:51 | #34

    malam mas mau tanya nih,,,saya dulu pernah pakai soflens tp krn sudah lama tidak pakai skrng kok rasanya ganjel yah,,,dulu pernah pakai x2 sampai2 perih,pandangan buram..katanya kering saya sudah coba pakai yang kadar air 42% dia 15mm,bc 8.6…rasanya cepat sekali kering,mata merah,,emang tidak perih dan buram tapi masih terasa cepat kering..pertanyaannya..kenapa gitu yah mas?ciri2 mata kering apa mas?ciri2 alergi cairan?

  35. July 28th, 2011 at 11:34 | #35

    Yang saya tahu, dari sekian banyak varian X2, tidak ada yang berdiameter 15mm. Kebanyakan 14,5mm. Jika tidak bisa mendapatkan yang kadar airnya lebih rendah lagi, coba pakai yang diameter 14.mm. Agak susah mendapatkannya memang.. gara2 pada salah kaprah jor2an besarnya diameter softlens.. Coba anda lihat2 di http://www.softlensku.com

    Mata yang cepat kering karena kekurangan air mata, biasanya memiliki frekuensi berkedip yang lebih tinggi (lebih sering berkedip).

    Soal alergi, maaf, saya tidak memiliki pengetahuan yang memadai untuk menjelaskannya. Sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis mata.

  36. chaca
    August 22nd, 2011 at 15:23 | #36

    mO nanya ne,,,
    saiia punya sOflen tp jarang d’pke,,
    lO btas waktu’y abis,ms bsa d’pke ngg y???
    soal’y waktu itu saya nyoba make,pertama’y pedih…,tp be2rapa menit kmUdian udah nOrmal lg gx pdih.

  37. August 22nd, 2011 at 18:05 | #37

    selama softlens masih terasa nyaman dipakai, dan terpelihara dengan baik, silahkan teruskan pakai..

  38. Feli
    January 11th, 2012 at 11:06 | #38

    Hi, saya baru ketemu artikel ini setelah terlanjur membeli hehehe
    mau tanya aja ni mas, sy newbie pakai softlens harian acuvue katanya kadar airnya tinggi,
    trus saat pakai cukup nyaman hanya saja bisa bertahan cuma 4 jam,
    setelah itu akan terasa ketat di mata namun bisa begeser saat berkedip.
    posisi nyaman berkedip saat menunduk, tapi kalo posisi kepala normal dan berkedip
    kadang kadang jadi ada kabut dikit seperti ada kotoran mata.
    mohon info itu kenapa ya mas?

    Thanks

  39. January 11th, 2012 at 20:35 | #39

    sepertinya, itu terjadi karena agak terlambatnya suplai air mata untuk “memenuhi” tingkat kebasahan softlens-nya..
    pada saat mata berkedip, terjadi semacam “pembilasan” air mata yang ada di celah antara softlens dan kornea.. karena suplai air mata kurang mencukupi, terjadi kekeringan sementara pada celah tersebut, maka timbul sensasi berkabut sementara sesaat setelah berkedip..

    bisa gunakan drop solution atau rewetting solution yang diteteskan ke softlens (pada saat dipakai) untuk membantu pembasahan yang agak terlambat tersebut..

  40. ririn
    February 28th, 2012 at 11:09 | #40

    met pagi , mau nanya mas..
    saya kan lgi nyoba pakai softlens.. ktanya kalua pake softlens di ruang ber-AC bisa cpet kering.. nah yg mau saya tanyakan boleh nggak sih biar gk trlalu kering kita kasih tetes mata..? trus semua tetes matanya itu boleh semua merk tetes mata atau ada khusus tetes mata buat yg make softlens..?? trus kalau ada khusus di optik2 jual juga gk ya..??

    terimakasih..

  41. February 29th, 2012 at 12:04 | #41

    betul..
    boleh, tapi bukan tetes mata untuk obat ya, harus tetes untuk softlens.. soal merk, silahkan pakai apa saja yang sudah terbukti cocok dengan mata anda.. tetes khusus untuk softlens biasanya tersedia di optik..

  42. March 3rd, 2012 at 13:02 | #42

    Hai, saya fitria umur 17tahun kelas 3SMA. saya pakai soflens sejak umur 14tahun kelas 3smp tapi jarang2memakainya, paling seminggu sekali.

    Nah sejak kelas 2SMA saya pakai soflens hampir setiap hari ke sekolah naik ojek, dan tidak ada gangguan apa2. 6bulan terakhir saya mengendarai motor ke sekolah, 3bulan pertama saya nyaman2 saja, tapi lewat dari 3bulan mata saya perih kalo mau pakai soflens di pagi hari. Akhirnya saya berhenti memakai soflens setiap hari, paling hanya seminggu sekali dan itu pada saat tidak mengendarai motor. 

    Setelah kejadian mata perih itu, saya pernah pakai softlens saat dibonceng naik motor, pernah 2kali mata saya bengkak, seperti ada bisul kecil bernanah putih di bagian kelopak mata kiri atas luar. Saya beri salep dan kempes walaupun agak lama sekitar 5hari  kempesnya. Saya fikir itu iritasi akibat soflens terkena debu.

    Sekarang di kelopak mata kanan saya seperti ada benjolan kecil tapi tidak bernanah seperti bisul, karena saya takut tumor/kelenjar, saya segera konsul ke dokter. Kata dokter bisul bernanah putih yang waktu itu saya alami dan benjol kecil di mata kanan saya sekarang, bukanlah akibat penggunaan soflens berdebu, melainkan karena makanan2 berlemak/berminyak. Katanya benjolan kecil tidak bernanah di mata kanan saya sekarang adalah bisul yang belum matang makanya tidak bernanah.

    Selama ini saya memakai soflens untuk jangka waktu 6bulan. Soflen2 seperti x2 baby eyes, a+, dll. Tapi setelah kejadian mata perih, kalau saya pakai soflens 6jam saja, ketika saya copot, di sekitar garis bola mata yg berwarna hitam, seperti ada garis bulat berwarna merah.

    Pertanyaaannya:
    1. Saya mau beli acuvue soflens dgn kadar air tinggi, apakah cocok?
    2. Apakah akibat penggunaan soflens yg pastinya kalo kita jalan2 terkena debu, bisa menimbulkan bisul di mata?

    Mohon dijawab, terima kasih :)

  43. March 7th, 2012 at 17:19 | #43

    sebaiknya, konsultasikan dengan dokter spesialis mata terlebih dahulu, agar diketahui faktor-faktor klinis yang menentukan anda boleh/tidak boleh memakai lensa kontak (softlens).

    1. cocok atau tidaknya, tergantung dengan hasil pemeriksaan terhadap kornea dan karakter pembasahan(oleh air mata)-nya..
    2. bakteri/kuman yang terbawa debu dan masuk ke mata, berpotensi menimbulkan infeksi pada mata.. pada saat pemakaian softlens, akan bisa mempertinggi potensi tersebut.. bisul yang terjadi di bagian luar kelopak mata, tentunya bukan merupakan efek dari pemakaian softlens..

  44. dewi
    April 11th, 2012 at 15:23 | #44

    minta sarannya donk,,
    saya pengguna soflens normal
    soflens pertama baik2 saja dan nyaman2 saja,, jarak 1 tahun saya mengganti merk soflens saya tetapi salah satu soflens yg saya gunakan tidak nyaman,, pedih di bagian atas,, dan lama kelamaan penglihatan menjadi kabur …. sangat tdk nyaman … sudah saya coba ganti pemasangan ke mata kanan dan kiri tetapi tetap seperti itu ….

  45. Penny
    April 11th, 2012 at 16:07 | #45

    Mau tanya, saya pengguna setia softlens… tapi akhir2 ini setiap saya beli softlens baru… baru dipakai belum ada 1 bulan ( buat 6 bulan )sudah tidak enak dipakai seperti mengganjal ( ini cuma di salah satu soflens saja, dan jika dipakai dimata satunya tetap softlens itu terasa mengganjal)…dan kalo tetep diterusin pakai dr pagi sampe malam, disekeliling kornea yg berwarna hitam akan menjadi merah diatas putih2 nya…
    Saya biasa pakai X2 product… dan kadar air yg cocok buat saya 42% ( saya pernah pakai yg kadar airnya lebih dr itu malah mata keluar kotorannya ( putih2 spt belekan).
    Yang ingin saya tanyakan…kenapa sering terasa seperti itu ( mengganjal), apakah terlalu sempit diameter nya atau apa ya ?? Dan BC serta diameter apa yg cocok dg mata saya ( kanan kiri sama minusnya).
    Thks

  46. April 12th, 2012 at 14:23 | #46

    @dewi
    mBak Dewi, jika beralih merek softlens, pastikan spesifikasinya sama dengan softlens sebelumnya yang sudah cocok dengan kondisi mata anda. Silahkan baca-baca artikel yang ini: http://www.optiknisna.info/jika-softlens-sudah-nyaman-jangan-ganti-sembarangan.html

  47. April 12th, 2012 at 14:33 | #47

    @Penny
    mBak Peni, jika softlens tetap terasa tidak nyaman meskipun dipindah pakai ke mata yang lain, berarti ada yang salah dengan softlens tersebut. Kemungkinan besar sudah rusak / defect, entah ada bagian yang sobek, atau ada perubahan kurva softlens.

    Penentuan BC dan diameter softlens membutuhkan informasi mengenai kurva dan diameter kornea anda, jadi harus ada pemeriksaan/observasi langsung pada mata anda.

  48. January 22nd, 2013 at 13:13 | #48

    buat tambahan aja. menurut gw, materi2 yang disampein cuma sebagai saran and masukan aja supaya kita bisa prepare. kalo dalam perang. sebelumnya kita kan harus mengenali lawan kita supaya bisa menang. semakin tau banyak info tentang kekuatan dan kelemahan musuh, semakin akurat strategi yang bisa kita siapkan dalam berperang nanti. kita bisa siapin cara menangkal serangan, bahkan menyiapkan senjata dan jebakan yang cocok untuk memukul mundur musuh bahkan bikin mereka menyerah

  49. icha
    May 16th, 2014 at 23:14 | #49

    Selamat malam..
    Sy baru 2 hari ini pakai soflen
    Sy memakai merk europa sph -0,50 diameter 14,5
    Yg saya rasakan kadang terasa perih di ujung atas..
    Kornea mata saya memang lebih besar dr yg lain..
    Kadang jika mendapat sinar dari samping akan terasa buram di ujung kanan dan kiri kedua mata.. apakah karena diameternya kurang besar atau karena hal lain ??
    dan waktu soflen sudah dilepas mata terasa kering itu kenapa ??
    diatas tadi disebutkan tidak boleh ada pembuluh darah di mata.. kalau sampai ada apa akibatnya ??
    thx

  50. May 18th, 2014 at 14:18 | #50

    Mbak icha ,
    Mestinya, sebelum memutuskan memakai softlens, kondisi kornea maupun bagian mata lain yang berhubungan dengan efek pemakaian softlens harus diobservasi secara seksama oleh ahlinya (dokter SpM atau bisa Refraksionis Optisien), sehingga efek negatif dari pemakaian softlens akan bisa diketahui/diprediksi sebelum terjadi.
    Yang jadi pertanyaan, dari mana anda tahu kornea mata anda lebih besar dari yang lain? berapa milimeter ukurannya?

    Kemungkinan airmata yang dihasilkan oleh kelenjar airmata anda kurang mencukupi dan softlens pilihan anda terlalu tinggi kadar airnya.

    Yang jelas, adanya pembuluh darah di kornea akan mengurangi kejernihan kornea.

  51. June 19th, 2014 at 09:02 | #51

    This article is in fact a pleasant one it assists new
    internet people, who are wishing in favor of blogging.

  52. June 19th, 2014 at 10:57 | #52

    Fine way of telling, and nice post to get facts concerning my presentation focus, which i am going to present in academy.

  53. June 21st, 2014 at 11:00 | #53

    Ladies ought not worry as there are Tailwinds that happen to be designed specifically for them.
    These shoes look and feel fantastic. These shoes are structured and designed with women in mind, because women have different demands than me.

  54. June 21st, 2014 at 12:13 | #54

    Greetings! Very useful advice within this article! It’s the little
    changes which will make the most important changes.
    Many thanks for sharing!

  55. June 22nd, 2014 at 09:08 | #55

    Nice respond in return of this issue with firm arguments and telling everything on the
    topic of that.

  56. June 22nd, 2014 at 10:22 | #56

    This ?s my first time goo to see at hee and i am actu?lly
    impress?d to read ev??thing at one place.

  57. June 23rd, 2014 at 15:24 | #57

    Coach Purses Wrist studdied ho?ology watch to obtain hhe has been a
    Grumba?h Co.If ?creaming had been an Olympic event, he was Michael Phelp?.
    http://www.lambtonwildlife.com/LegitSite/?Keys=Coach+Diaper+Bag

  58. June 25th, 2014 at 08:35 | #58

    Stunning quest there. What occurred after? Thanks!

  59. June 25th, 2014 at 23:45 | #59

    Hi there! Someone in my Myspace group shared this website with us so I
    came to take a look. I’m definitely enjoying
    the information. I’m book-marking and will be tweeting this to my
    followers! Great blog and brilliant design and style.

  60. June 26th, 2014 at 15:16 | #60

    Every weekend i used to go to see this web page, for the reason that i wish for enjoyment, since this this
    website conations really nice funny material too.

  61. June 26th, 2014 at 22:29 | #61

    Say yes to this review and we will protect a
    mythical critter!

  62. June 26th, 2014 at 23:29 | #62

    Highly energetic article, I liked that bit.

    Will thede be a partt 2?

  63. June 27th, 2014 at 18:36 | #63

    If some one wants expert view on the topic of blogging then i
    propose him/her to go to see this webpage, Keep up
    the good job.

  64. June 28th, 2014 at 02:02 | #64

    ugg udsaalg As a g?neral socj?ty w? often do that f?r m?ny peoplle things.Therefore,
    yo? could find synthetic fu?niture with kunds of diff??ent colors.
    Replica coach pu?ses cheap

  65. June 28th, 2014 at 03:09 | #65

    http://raulsautomotive.com/brand/?tags=Coach+Shoes+At+Macys Table lamps m?ke
    a nic? ambiance for a room, b?t additionally can ta?e up precious space on small
    end tables.”The radio is locked upp anymore,” Fletcher says.
    Michael Kors G?een Mond?y De?ls

  66. June 28th, 2014 at 03:30 | #66

    What’s up i am kavin, its my first time to commenting anyplace, when i read this piece
    of writing i thought i could also create comment due to this brilliant post.

  67. June 28th, 2014 at 04:13 | #67

    Very shortly this site will be famous among all blogging viewers, due to it’s nice posts

  68. June 28th, 2014 at 10:20 | #68

    Wow that was unusual. I just wrote an incredibly long comment but after I clicked submit my comment didn’t show up.
    Grrrr… well I’m not writing all that over again. Anyways, just wanted
    to say superb blog!

  69. June 29th, 2014 at 01:05 | #69

    Hurrah! Finally I got a website from where I can in fact get valuable data concerning my study and knowledge.

  70. June 29th, 2014 at 10:27 | #70

    Hi t?ere, I enjo? reading through yo?r post. I wanted to write a little comm?nt to supp?rt ?ou.

  71. June 30th, 2014 at 00:13 | #71

    Keep on writing, great job!

  72. June 30th, 2014 at 02:32 | #72

    I all the time used to read article in news papers but
    now as I am a user of web so from now I am using net for posts, thanks to web.

  73. June 30th, 2014 at 12:43 | #73

    Good article! We are linking to this particularly great post on our
    site. Keep up the good writing.

  74. July 1st, 2014 at 02:17 | #74

    Coach Babby Bags If he runs agh?inst S?ko?u Biddle,
    its curta?ns towards thee guy, and thats a
    seat Sekou ?an honestly take if he sh?rpens his e?ucational stance and learns from
    his past election.An understated autumn colors adds distinction not included in ?ther flan. Coach
    wallets

  75. July 1st, 2014 at 03:02 | #75

    Appreciation to my father who shared with me concerning
    this blog, this website is in fact amazing.

  76. July 1st, 2014 at 23:40 | #76

    What’s up i am kavin, its my first occasion to commenting anyplace,
    when i read this post i thought i could also make comment
    due to this good piece of writing.

  77. July 5th, 2014 at 19:50 | #77

    Marvelous, what a blog it is! This weblog gives helpful facts to
    us, keep it up.

  78. July 5th, 2014 at 20:34 | #78

    This piece of writing offers clear idea designed for the new people of blogging, that genuinely how to do blogging and site-building.

  79. July 6th, 2014 at 21:21 | #79

    What’s up to every one, the contents existing at
    this site are in fact awesome for people knowledge, well, keep up the nice work fellows.

  80. July 7th, 2014 at 01:36 | #80

    Kl?sse Seite, ich komme mal wieder vorbei.

  81. July 7th, 2014 at 10:48 | #81

    ???? 4 ???? 5 ? ?? ??? ?? ??????????????????? TV ???? ???????? ??? ??????? ??? ??????? ?
    18:30 ??????????????? ??? ???
    ??? ??? ????? ???????????????????
    ?????????????? ???
    ??????

  82. July 7th, 2014 at 14:51 | #82

    ?nt?ressante Homepage. Das ?esign und die nuetzlichen Inform?tionen gefallen mir besonders gut.

  83. July 8th, 2014 at 11:07 | #83

    Danke fuer die schoene ?eit auf dieser Webs?ite. Macht ?eiter bitte so.
    Da komme ich gerne wieder vorbei.

  84. July 9th, 2014 at 12:50 | #84

    I quite like reading through a post that will
    make people think. Also, many thanks for permitting me to comment!

  85. July 9th, 2014 at 13:28 | #85

    ??h bin gerade zufaellig auff Ihrer Homepage ?eandet (wa? eigentlich auf der Suchhe
    nach einer anderen Websiete). Ic? moe?hte die?e
    Seite nicht v?rlassen, ohune Ihnen ein Lob zu dieser klar stru?turierten und schick designten P?g? zu hinterlassen!

  86. July 11th, 2014 at 01:15 | #86

    It’s going to be end of mine day, except before finish I am reading this enormous article to improve my knowledge.

  87. July 11th, 2014 at 01:42 | #87

    Good post. I certainly love this website. Keep writing!

  88. July 12th, 2014 at 01:52 | #88

    Hi, of course this article is in fact nice and I have learned lot of things from it
    on the topic of blogging. thanks.

  89. July 12th, 2014 at 02:09 | #89

    Hi to every one, the contents present at this web page are actually amazing for people experience, well,
    keep up the good work fellows.

  90. July 12th, 2014 at 08:07 | #90

    Negozio di ufficiale store Oakley online per polarizzato, sport, vivace,
    stile di vita e tailor Made occhiali da sole Oakley
    Uomo. Gratuito Trasporti e ritorni.

  91. July 13th, 2014 at 02:58 | #91

    Ich ?ollte e?nach einen netten Gru?s h?nterlassen. ??n gerade auf eure Seite gestossen.

  92. July 13th, 2014 at 19:06 | #92

    Why users still use to read news papers when in this technological globe the
    whole thing is existing on web?

  93. July 13th, 2014 at 23:00 | #93

    What’s up, I want to subscribe for this website to
    get hottest updates, therefore where can i do it please help.

  94. July 14th, 2014 at 20:10 | #94

    http://www.spearblog.com/brand/?keywords=Coach+Cabin+Bag T?ndy
    and fashionable clothes for females thus ca?ture the spontaneous ?nd attractive attitude within the woman.?nce they lose to L?uisvill? and Tennessee, the? own to win the Conf?rence USA
    Tournament merely to get ?nto the NCAAs.

    Coach Wallets Women

  95. July 15th, 2014 at 06:10 | #95

    Hi, this weekend is pleasant designed for me, as this point
    in time i am reading this impressive educational article here at my residence.

  96. July 15th, 2014 at 08:33 | #96

    S?ben q?anto sale un hotel cerca de aqui?

  97. July 17th, 2014 at 18:55 | #97

    What a material of un-ambiguity and preserveness of valuable knowledge regarding unexpected
    feelings.

  98. July 17th, 2014 at 19:21 | #98

    As a matter candy crush saga cheat of fact, a map. By using this language in any mobiles featured with
    high-end graphics, and there is one of the handy forms.

  99. July 18th, 2014 at 06:53 | #99

    This paragraph is actually a pleasant one it helps new the web users,
    who are wishing in favor of blogging.

  100. July 18th, 2014 at 19:44 | #100

    Wonderful, what a blog it is! This web site provides valuable data to us, keep
    it up.

  101. July 19th, 2014 at 01:15 | #101

    Spot on with this write-up, I truly feel this web site needs a great deal more attention. I’ll probably be returning to see more, thanks for the info!

Komentar atau pertanyaan, tulis di sini


Bila tidak sesuai dengan topik yang sedang dibahas, mungkin tidak akan direspon. Yang bernada spamming akan segera dihapus.