PUSAT SOFTLENS MURAH KLIK DI SINI                    <<|>>                    SOFTWARE ADMINISTRASI OPTIK KLIK DI SINI                    <<|>>                    OPTOTIP/SNELLEN DENGAN MONITOR LCD KLIK DI SINI
Web Hosting
Home > Kacamata > Jenis - jenis Lensa Kacamata (1)

Jenis - jenis Lensa Kacamata (1)

Kacamata untuk koreksi kelainan penglihatan, memiliki beragam jenis lensa yang pemilihannya tergantung oleh jenis kelainan penglihatan yang diderita dan kebutuhan pemakainya. Pemilahan jenis lensa tersebut dibedakan menurut jumlah fokus, indeks bias bahan, sifat warna, dan desain kelengkungannya.

A. Jenis lensa kacamata menurut jumlah fokusnya.

1. Single Vision / Monofokal / Fokus Tunggal.
Adalah lensa kacamata yang hanya memiliki satu fokus dalam tiap keping lensa. Penderita miopia, hipermetropia, maupun astigmatisma, yang belum mengalami presbiopia, biasanya menggunakan lensa jenis ini. Penderita presbiopia juga banyak yang menggunakan lensa jenis ini untuk dipakai sebagai kacamata khusus untuk membaca dekat (kacamata baca), karena dapat memberi area baca (area jarak dekat yang dapat dilihat dengan jelas) yang relatif luas. Lensa cylindris, meski pada hakekatnya memiliki lebih dari 1 fokus, juga dianggap termasuk dalam jenis lensa single vision.

2. Bifokal / Dobel Fokus.
Adalah lensa kacamata yang memiliki 2 fokus dalam tiap keping lensa. Pada lensa ini, terdapat lensa anakan (biasa disebut segmen) yang memiliki fokus lebih pendek dari pada lensa utamanya. Lensa anakan ini biasanya diposisikan di sisi bawah bidang kacamata. Pengguna lensa ini adalah para penderita presbiopia yang tidak mau repot memakai dan melepas kacamata pada saat ingin membaca dan kemudian melihat jauh, atau sebaliknya. Terdapat beberapa jenis lensa bifokal yang dibedakan menurut bentuk lensa anakannya, sebagaimana pada ilustrasi berikut ini:

3. Trifokal / Tripel Fokus.
Yaitu lensa yang memiliki 3 fokus dalam tiap keping lensa. Bentuknya hampir sama dengan lensa bifokal, hanya terdapat tambahan lensa anakan ke 2 yang fokusnya lebih pendek dari lensa utama, namun lebih panjang dari lensa anakan. Tambahan lensa anakan ini diposisikan diatas lensa anakan pertama, dan berfungsi untuk memberikan perbaikan penglihatan jarak menengah (1 s/d 3 meter) bagi penderita presbiopia derajat tinggi yang tidak puas dengan unjuk kerja lensa bifokal.
4. Multifokal / Multifokus / Progresif.
Adalah lensa yang memiliki banyak fokus dalam tiap keping lensa. Prinsipnya hampir sama dengan lensa trifokal. Jadi, lensa ini mempunyai banyak lensa anakan yang tersusun pada sisi bawah lensa utamanya. Tiap - tiap lensa anakan dibuat dengan tanpa ada garis pembatas yang nampak, tidak seperti lensa bifokal atau trifokal yang masih menampakkan garis pembatas pada lensa anakannya. Lensa jenis ini sering menjadi pilihan bagi para penderita presbyopia (biasanya yang sudah berumur 40an) yang tidak ingin nampak sudah tua oleh tampilan lensa kacamatanya.

  • Share/Bookmark

Mengcopy dan mempublish ulang artikel dari website ini diperkenankan, asal menyebutkan/mencantumkan (secara eksplisit) sumbernya serta tidak mengubah judul maupun isi artikel

  1. June 30th, 2008 at 08:33 | #1

    Mas, thanks y atas jawaban kmrn, tanya lg boleh y, kalo lensanya jenis bifokal flattop msh bs pake yang high indeks y. Trus ksh dong mas info lg ttg mereknya ama harganya, soalnya mas ini keliatan pinternya, ke alamat e mail y mas.(kalo emang nggak bs ditulis disini, please) Sy udah 2 kali ganti lensa kacamata anak sy, tp org optiknya jg kayaknya rada2 bingung, menurut mereka tdk ada lensa yg bs bikin kelihatan lebih tipis, hanya bs dibantu dg penggosokan pinggirnya, padahal optiknya terkenal. Apa memang gitu y. thanks lg atas jawabannya

  2. June 30th, 2008 at 14:29 | #2

    Untuk lensa bifokal, sepertinya memang tidak punya banyak pilihan
    mBak. Disamping karena keterbatasan teknis pembuatan segment (anak)
    lensanya, jenis lensa bifokal ini juga kurang mendapat perhatian dari
    para produsen lensa kacamata, sehingga pengembangan teknologinya terkesan
    stagnan. Mungkin memang sudah tidak bisa dikembangkan lagi.
    Untuk para penderita presbyopia, para produsen lensa lebih
    suka mengarahkan ke lensa multifokus atau sering disebut lensa progresif.
    Ini bisa dilihat dari begitu beragamnya varian lensa progresif yang
    dikeluarkan oleh tiap merek.
    Seperti yang pernah saya tulis, ketebalan lensa memang sangat
    dipengaruhi oleh ukuran dioptri lensa. Namun, ketika lensa sudah
    di-fit ke bingkai kacamata, akan terjadi perbedaan ketebalan antara
    lensa plus dengan lensa minus, meskipun angka kekuatan dioptrinya
    sama. Lensa plus, bentuknya makin ke tengah makin tebal, sedangkan
    lensa minus, makin ke tengah makin tipis. Ketika lensa sudah dipotong
    sesuai dengan pola bingkai kacamata, lensa plus akan cenderung
    terlihat lebih tebal dari pada yang minus. Keadaan ini memang sudah
    sifat fisik lensanya mBak, tidak banyak yang bisa diperbuat. Untuk
    menggosok ulang permukaan lensa (hanya pada lensa kaca) agar bisa
    lebih tipis, cost-nya akan jauh lebih tinggi dari pada membeli sepasang lensa lagi.
    Itu juga belum tentu laboratorium penggosokan lensa bersedia
    melakukannya. Optikal hanya bisa mengakali dengan menggosok bagian
    tepinya saja, seperti yang disampaikan oleh optik langganan njenengan.
    Itu juga tidak banyak memberi hasil seperti yang diharapkan.

    Oh, ya.. sebenarnya saya juga nggak pinter kok mBak.. Mungkin karena
    jarang sekali Refraksionis Optisi yang suka menulis dan mengerti TI,
    terutama internet, sehingga saya *seolah - olah* kliyatan pinter.
    *purapuramerendah* :-)

  3. July 1st, 2008 at 10:11 | #3

    makasih….makasih…makasih moga rezekinya tambah lancar n optiknya tambah maju

  4. pras
    July 14th, 2008 at 23:23 | #4

    Hi Mas,

    Saya pengguna berat laptop utk pekerjaan, dalam satu hari total saya bisa menghabiskan waktu 10-12 jam. Sekitar tiga bulan lalu saya ke dokter mata untuk memeriksakan mata saya, karena belakangan saya sering merasa pandangan saya menjadi seperti remang2 bahakn pernah seperti tampak ada garis2 melintan di depan mata.
    Tapi setelah tes, dokter mengatakan bahwa kedua mata saya hanya kelelahan dan belum membutuhkan kacamata, dia hanya memberi saya vitamin dan obat tetes saja.
    Tapi setelah saya minum vitamin dan memakai obat tetes saya tida merasa ada perbedaan, Yang ingin saya tanyakan:

    - Pada saat di tes mata, sebetulnya ada 1-2 huruf/angka terkecil yang tampak kabur tapi masih terbaca, saat saya ceritakan hal ini pada rekan saya yang berkacamata, dia bilang seharusnya saya bilang pada dokter saat mulai kabur dalam membaca hurf/angka tersebut, karena ini juga merupakan indikasi bahwa mata saya tidak normal / membutuhkan kacamata. Apakah ini benar?

    - Saya pernah mendengar bahwa ada kacamata / lensa yang dapat membantu pemakainya yang sering / lama menggunakan komputer atau laptop (saya sendiri lupa apa nama lensanya). apakah ini juga benar?

    Terima kasih atas jawabannya.

  5. July 15th, 2008 at 10:37 | #5

    Mas Pras..
    Pada umumnya, huruf terkecil yang ada pada optotip (snellen) diberi kode 6/4,5 (atau 20/15) yang artinya: huruf tersebut masih bisa dilihat dengan jelas oleh mata normal dalam jarak 4,5 meter, sedangkan jarak anda ke snellen tersebut adalah 6 meter (jarak standar utk uji ketajaman penglihatan). Standar untuk penglihatan normal adalah 6/6 (20/20). Berarti apa yang anda alami adalah wajar dan tidak perlu dikhawatirkan, karena huruf - huruf yang anda baca tersebut sudah lebih dari standar normal.
    Tentang keluhan anda, sayang, saya tidak mendapat informasi mengenai usia anda. Kemungkinan besar yang disampaikan oleh dokter anda adalah benar, karena pada saat melihat dekat, mata akan berakomodasi di mana proses akomodasi ini membutuhkan kontraksi otot2 siliar yang memegang lensa mata. Jika kontraksi ini sering berlangsung dalam waktu yang terlalu lama, maka akan cepat menimbulkan kelelahan mata. Puncak dari keadaan tersebut, dapat menimbulkan ngangguan pada proses relaksasi dari akomodasi, sehingga menimbulkan keluhan penglihatan kabur pada saat melihat ke arah jauh.
    Sangat disarankan untuk mengistirahatkan mata dari keadaan akomodasi (dengan cara melihat ke arah jauh) selama ± 5 menit setiap 30 menit.
    Dulu, ada produsen lensa (Rodenstock) yang mengeluarkan lensa jenis BT Color yang ditujukan untuk para operator komputer. Lensa ini bagian atasnya diberi warna hijau, yang maksudnya adalah meminimalkan mata dari efek silau yang ditimbulkan oleh pencahayaan yang kurang bagus, sehingga operator komputer dapat melihat layar monitor dengan ketajaman yang lebih baik dengan tanpa menambah brightnes atau contrastnya. Untuk saat ini, ada beberapa produk lensa yang oleh produsennya diklaim mampu melindungi mata terhadap radiasi elektromagnetik dari layar monitor. Tapi menurut saya, apakah itu perlu? Toh yang sebenarnya harus dilindungi dari radiasi tersebut bukan hanya mata saja kan? Dan lagi, monitor yang memancarkan radiasi elektromagnetik besar adalah monitor jenis CRT (tabung), bukan monitor jenis LCD.
    Yang penting, jaga agar mata tidak terlalu letih. Atur agar display laptop anda tidak terganggu oleh cahaya ruang atau cahaya matahari, ini akan memperbaiki ketajaman tampilan layar laptop tanpa harus menambah kecerahan dan kontrasnya.

    Mm.. mong - ngomong, saya juga biasa berlama - lama di depan monitor lho.. :-)

  6. pras
    July 16th, 2008 at 13:33 | #6

    Wow..Penjelasan yang sangat lengkap dan membantu. Terima Kasih
    Saya berumur 25 tahun mas. Kalau begitu saya akan mencoba untuk mengistirahatkan mata saya secara berkala (walaupun seringkali sulit / lupa karena asyiknya bekerja ;))

    Sekali lagi terima kasih Mas, Sukses selalu untuk Optik nya, sayang saya di Jakarta, kalau di Jogya pasti saya mampir.

    Regards - Pras

  7. marhani
    October 6th, 2008 at 08:27 | #7

    Maaf lahir dan bathin,
    Minta tolong dong saya penggemar rodenstock, tapi kecewa dengan kaca mata saya terakhir ini karena terasa tidak enak di pakai, belakangan malah keluar dari ruang control yang dingin salah satu ujung kiri kaca mata retak, complain ke tempat yang beli jawabannya kan tidak mengganggu, ke mana saya complain?, trima kasih.

  8. October 6th, 2008 at 11:53 | #8

    Sama - sama..
    Jalur komplain yang bener sih emang ke optiknya.. sayangnya, garansi yang di-cover oleh produsen lensa hanya untuk pengelupasan lapisan lensa yang disebabkan oleh cacat produksi, sedangkan kerusakan yang terjadi pada kacamata njenengan *anda* kemungkinan besar ditimbulkan oleh adanya tekanan yang terlalu kuat pada sisi lensa yang retak tersebut. Tekanan yang terlalu kuat ini lebih sering ditimbulkan oleh pemasangan lensa atau penyetelan kacamata yang kurang pas. Sayangnya lagi, ada beberapa optik yang enggan dikomplain soal retaknya lensa jika kacamata tersebut sudah dipakai beberapa waktu. Jadi, untuk penyelesaian kasus njenengan, memang tergantung pada niat baik pengelola optiknya..

  9. abi_
    November 29th, 2008 at 21:01 | #9

    ada ga ya lensa untuk membantu penderita buta warna?soalnya saya pernah dengar buta warna bisa dibantu oleh kacamata lensa warna. kacamata lensa warna apa itu seperti apa ya?
    terimakasih.

  10. arjuna
    December 9th, 2008 at 23:11 | #10

    pengalaman mas pras hampir mirip dengan saya, saya sering mengalami gangguan mata ketika berlama2 di depan laptop. saat menulis ini mata saya pun terasa pegal dan mulai buram padahal baru 1 jam. hasil pemeriksaan mata saya bagus, dokter hanya bilang saya mengalami kelelahan mata. karena penasaran saya mencari literatur di internet dan kebanyakan menyebutkan bhw mata lelah ada hubungan dengan pencahayaan yg digunakan. boleh tau gak mas, gmana kok pencahayaan bisa bikin mata jadi lelah? bukan kah yg mengatur cahaya masuk ke mata itu adalah pupil dan secara otomatis bereaksi dengan cahaya yang ada?
    bila mata normal seperti saya menggunakan kacamata untuk komputer apa ada pengaruhnya terhadap mata (menjadi minus)? secara fisik gmana, karna saya perhatikan orang2 yg terbiasa menggunakan kacamata, matnya terlihat tidak bagus saat melepas kacamatanya, apakah dapat terjadi pada saya bila sering menggunakan kacamata khusus komputer?
    Trims atas jawabannya.

  11. December 17th, 2008 at 06:11 | #11

    #9
    dengan lensa kontak berwarna merah di mata yang tidak dominan.

    #10
    Wah.. saya juga belum pernah mendapatkan informasi yang pasti tentang hal itu. Tapi, bukankah reaksi pupil juga membutuhkan kerja otot di dalam mata?
    Menjadi minus? Bukan karena kacamatanya, tapi karena mata dipaksa berakomodasi secara terus menerus.

  12. han’z fadilah
    December 30th, 2008 at 13:42 | #12

    btw ai kan kul jurusan optik. sekarang ai dapt tgs ttg keunggulan dan kekurangan pasien presbiop pemakai dengan lensa single vision.mang keunggulan&kekurngan nya ada? tlng dibls yah!!!!!!!!!!!!!!!!

  13. December 31st, 2008 at 07:33 | #13

    Leprindo pa Gapopin? :-)
    keunggulan dan kekurangan pasti ada lah.. :-)

  14. yuni
    January 18th, 2009 at 16:46 | #14

    tolong dong jelasin tentang keunggulan dan kekurangan lensa single vision????????? blez y

  15. yuni
    January 18th, 2009 at 16:49 | #15

    eh lupa maksudnya keunggulan dan kekurangan lensa single vision bagi penderita yang presbiop…tolong jelasin ya!!!!

  16. January 19th, 2009 at 12:01 | #16

    Penggunaan lensa monofokal/single vision untuk koreksi presbyop akan memberikan area baca/penglihatan dekat yang sangat lega, tidak ada lompatan bayangan (image jump) sebagaimana yang terjadi di lensa bifokal maupun trifokal. Kekurangannya, ketajaman maksimal hanya berada pada satu jarak fokus tertentu (untuk kacamata baca/dekat, biasanya diset 30 - 40cm), semakin jauh letak obyek yang dilihat akan semakin kabur.

  17. sylvee
    April 12th, 2009 at 18:37 | #17

    mas saya ada tugas dari dosen yang intinaVertikal adalah gerakan yang bercorak seperti yang Anda lakukan dengan eksekutif. Menganggap bingkai ukuran 74mm, dekat PD 60mm,tinggi seg14mm, B ukuran 40mm, penempatan seg5 di bawah 4,frame lama ukuran 56mm. 74 - 60 = 14 horizontal. 40 ÷ 2 = 20 - 14 = 6 bawah.jika seg bawah sudah digunakan 4mm vertikal dan horizontal, total 8mm. 56 + 8 = 64mm. Menambahkan 2mm toleransi, 66mm lensa blank terkecil dapat membuat resep ini. Anda telah selesai membuat pola lensa single vision secara vertikal dan horizontal, dengan mempertimbangkan penempatan yang nonmovable-ke titik segment.itu maksud nya apa bisa kasih penjelasan ndak???????

  18. April 14th, 2009 at 13:43 | #18

    vwhaduh..bahasanya itu yang membuat saya bingung.. polanya kok seperti bhs Inggeris yang ditranslate ke bhs Indonesia ya.. betul begitu?
    maaf.. belum bisa bantu karena belum menangkap maksudnya..

  19. eka
    April 29th, 2009 at 22:37 | #19

    Mohon berikan jenis/tipe lensa optik yg ada dijual dipasaran, seperti supersin dan ada yg bilang terbuat dari kaca/plastik ,dll

    dan mohon jelaskan apa merk autorefraktor yg bagus karena saya pemula yg rencana mau buka optik
    terimakasih

  20. February 28th, 2016 at 00:48 | #20

    At this moment I am going away to do my breakfast, once
    having my breakfast coming yet again to read additional news.

  21. March 3rd, 2016 at 20:57 | #21

    Another major difference between the two is that while PPC
    is a paid form of advertising, organic search engine optimization is absolutely free.
    The Internet has changed the way we attain information forever and Google has been the main driving force
    and proponent behind this instant access to information. Forgetting to write for
    an audience is one of the biggest mistakes that bloggers
    make. There are two techniques that combine to form a
    complete SEO.

  22. March 6th, 2016 at 06:18 | #22

    That is a really good tip especially to those new to the blogosphere.
    Simple but very accurate info… Thanks for sharing this one.
    A must read article!

  23. March 6th, 2016 at 11:36 | #23

    ‘Are people really searching online for my product or services’.
    The usual SEO methods include keyword research, link building and such.
    Forgetting to write for an audience is one of the biggest mistakes that bloggers make.
    Webmaster follows a long process to promote a website in top search engines (Google,
    Yahoo and Bing).

  24. March 6th, 2016 at 22:10 | #24

    Ahaa, its good discussion on the topic of this post here at
    this webpage, I have read all that, so at this time me also commenting at this place.

  25. March 6th, 2016 at 23:21 | #25

    What’s up, of course this article is really pleasant and I have
    learned lot of things from it on the topic
    of blogging. thanks.

  26. March 8th, 2016 at 11:02 | #26

    Hurrah, that’s what I was searching for, what a material!
    existing here at this website, thanks admin of this website.

  27. March 9th, 2016 at 22:37 | #27

    Each of them has a different function according to the intensity of the misspelled keywords.
    The trends in this industry change and new developments take place only when Google comes
    up with some novel feature that ends up breaking every
    site’s SEO and compels them to consider a change in their current content presentation in order to do well.
    But it is extremely important that anyone looking to hire an SEO professional be aware of
    the differences. A guy named Alan Emtage, a student at the University of Mc -
    Gill, developed the first search engine for the Internet in 1990.

  28. March 14th, 2016 at 13:04 | #28

    Reply ‘No’ (n ) to the Start the PC Monitor Manager question.

  29. April 5th, 2016 at 07:46 | #29

    C’est justement pour aider les parents a choisir le Babycook
    qui leur conviendra le mieux, que Bebelicieux a select de creer ce comparatif des
    differents modeles, du moins cher au plus complet en passant par les modeles simples a us seul bol et les doubles (ou
    duet) a deux bols ou plus.

  30. April 23rd, 2016 at 20:30 | #30

    ?plendide post?, pour ne rien changer

  31. April 23rd, 2016 at 22:27 | #31

    J? peux vous dire que ce n’est nul?ement faux !!!

  32. April 23rd, 2016 at 23:33 | #32

    ?ollement plais?nt, mon petit doigt me dit que ?e poste devrait intéresser un pote

  33. May 1st, 2016 at 20:44 | #33

    M98A Tablet PC has a very powerful networking feature, it can be
    achieved 3G Internet access by an external 3G module, addition, we also
    can use Wi-Fi to experience the network. It truly
    is the overall game involving ’survival with the fittest.
    As a struggling entrepreneur and actor, Bruce sat down one day and wrote the following letter
    to himself: “By 1980, I will be the best known oriental movie star in the
    United States and will have secured $10 million dollars… And in return, I will give the very best acting I could possibly give every single
    time I am in front of the camera and I will live in peace and harmony.

  34. May 3rd, 2016 at 18:14 | #34

    Although there’s lots of new production that
    I like and play, I also acknowledge that many it’s become too simple.
    It started by utilizing samples business songs, cut up and laid over
    the rap drum beat. In many cases, a performer use a specialist to
    accomplish their rap music songwriting on account of insufficient time or experience.

Komentar atau pertanyaan, tulis di sini


Bila tidak sesuai dengan topik yang sedang dibahas, mungkin tidak akan direspon. Yang bernada spamming akan segera dihapus.