PUSAT SOFTLENS MURAH KLIK DI SINI                    <<|>>                    SOFTWARE ADMINISTRASI OPTIK KLIK DI SINI                    <<|>>                    OPTOTIP/SNELLEN DENGAN MONITOR LCD KLIK DI SINI
Web Hosting
Home > Komputer, Serbaneka > Bikin Kaligrafi Arab Dengan Corel Draw

Bikin Kaligrafi Arab Dengan Corel Draw

Dulu, sewaktu masih sekolah menengah, pernah ikut lomba menggambar kaligrafi Arab di kantor kepala desa Sidoagung, Godean. Nggak nyangka, dapet juara ke 2. Salah satu hadiahnya adalah buku panduan menulis kaligrafi Arab dalam aliran Riq’ah. Sejak itu, jadi tertarik untuk belajar menulis kaligrafi Arab secara benar. Pena yang digunakan, hanya sumpit berbahan bambu yang ujungnya dipotong pipih miring. Ujung pena itu dicelupkan ke tinta bak (dulu nyebutnya tinta cina) dahulu, baru digunakan untuk menulis. Pertama kali belajar menulis dengan cara itu, rasanya sulit betul untuk melenggak-lenggokkan ujung pena agar dapat membentuk karakter huruf Hijaiyah (huruf Arab) sesuai dengan pakemnya. Yang paling susah adalah menarik garis lurus sambil memutar ujung pena untuk membentuk ujung/ekor huruf yang datar meruncing. Biarpun lama - lama jari dan pergelangan tangan bisa juga bergerak sedikit luwes, sampai sekarang tetap merasa susah untuk membentuk ujung huruf yang datar meruncing. Ni tangan dah kebanyakan dosa ‘kali ya.. :-) Meski begitu, sempat juga mempelajari 3 aliran penulisan kaligrafi Arab (Riq’ah, Diiwani, Tsulutsi) meskipun nggak dalem - dalem amat. Setidak - tidaknya, kalau di suatu tempat menjumpai hiasan kaligrafi Arab yang ditulis dengan pakem tersebut, saya bisa langsung mengenalinya.
Ketika pada pertengahan tahun 2002 saya mulai mengenal komputer dan menemukan salah satu tool dalam Corel Draw yang dapat digunakan untuk membuat kaligrafi (calligrapher pen tool), maka saya pun coba - coba membuat kaligrafi Arab dengan menggunakan tool tersebut. Tapi, ternyata ada manuver pen yang tidak dapat saya lakukan, yaitu menggores sambil memutar ujung pen untuk membentuk ekor huruf yang meruncing. Jadi, terpaksa harus mengedit - edit dengan curve editor tool. Meski begitu, hasilnya (menurut saya) lumayan juga. Bahkan membuat kaligrafi dengan cara ini punya kelebihan yang menyenangkan, susunan / penataan huruf - hurufnya dapat diatur ulang sekehendak kita sehingga dengan satu kali penulisan kaligrafi, kita dapat menghasilkan beberapa bentuk susunan huruf.
Inilah salah satu hasil utak utik saya, masih dalam format file .cdr. ‘Kali aja ada yang butuh untuk bulan depan :
Download:
Beberapa hasil dari latihan [lagi] saya, bisa dilihat atau [kalau mau]diunduh di sini

  • Share/Bookmark

Mengcopy dan mempublish ulang artikel dari website ini diperkenankan, asal menyebutkan/mencantumkan (secara eksplisit) sumbernya serta tidak mengubah judul maupun isi artikel

  1. September 25th, 2008 at 09:15 | #1

    Sebenarnya teknik seberti anda lakukan sudah sejak lama dilakukan orang. Dan bukan hanya di corelDraw saja, kalau anda sempat pelajari Illustrator,dan photoshop,terutama di Photoshop, anda bisa lakukan dengan lebih variatif lagi dan bisa dengan sistem embosed yang sangat menarik dan tidak terbatas dengan warna, tekstur serta background yang tak terbatas. Juga bisa jadikan kaya lukisan juga bisa… itu namanya anda sudah masuk ke Digital Calligraphy, yang selama ini saya pelajari…….. Saran saya Anda pelajadi di Photoshop terutama di tool “Brush” dan mulailah berkreasi dengan Digital Calligraphy… selamat mencoba…….

  2. September 25th, 2008 at 13:33 | #2

    Saya setuju dengan pendapat njenengan *anjeun*, itulah sebabnya tulisan saya tidak menyiratkan bahwa saya menemukan sesuatu.. Saya memposting tulisan itu karena ada temen yang pernah tau saya mencoba membuat kaligrafi dengan Corel Draw, dan minta di-share kalau masih ada. Lalu saya berpikir, mungkin file itu bisa berguna juga buat orang lain, lalu saya menaruhnya di online file sharing.. Tulisan yang saya buat di atas dimaksudkan untuk sekedar cerita pengantar saja.
    Terima kasih atas saran - saran njenengan.. minat saya untuk mencoba berkaligrafi arab dengan komputer menjadi tergugah kembali, setelah cukup lama *agak* saya lupakan. Saya akan mulai coba dengan Corel Photopaint, soalnya saya tidak familiar dengan produk2 Adobe..
    Sekali lagi, terima kasih

  3. October 28th, 2008 at 01:32 | #3

    Good for people to know.

  4. January 28th, 2009 at 00:07 | #4

    hehehee konon katanya nulis begituan namanya “khotot” yah ? dulu prenah diajarin sih,cumin yaaaaa pena ama tinta nya di ambrah2 ga keruwan….

  5. January 30th, 2009 at 10:27 | #5

    Tul..
    ituh sebutan penulis kaligrafi yang dah cukup mumpuni.. yang dah nguasai banyak gaya (aliran) penulisan khot. biasanya sih anak pondok pesantren. Nek (kalok) ‘nyong pan mbukan anak pondok.. tur nggak tahu bener pakem tentang aliran2 penulisan khot.. :-)

  6. febri
    February 7th, 2009 at 23:07 | #6

    numpang nimbrung, just share..
    menurut saya untuk meng-edit kaligrafi, memang bagus di corel draw. gambar bisa disave dlm format wmf, jika sewaktu-2 ingin edit curve-nya jd lbh mudah.
    untuk buat effect, bagus pake adobe photoshop/imageready krn lbh variatif dibanding photopaint.
    gambar-2 kaligrafi (standard) jg bs di dapat di beberapa website. kalo mau di-edit, bisa di trace di coreldraw hingga berubah menjadi curve. format curve / wmf juga compatible dengan program autocad/3dsmax, jika anda tertarik dengan 3D modeling.

  7. alexander
    February 25th, 2009 at 23:26 | #7

    sangat bagus untuk kita mempermudah tulisan arab

  8. diki
    May 5th, 2009 at 12:14 | #8

    sedaiknya d sertai dengan
    latihannya

  9. firdaus
    May 20th, 2009 at 19:29 | #9

    Assalamualaikum saya mau meminta tolong kepada anda bisakah anda membuatkan saya kaligrafi yang bertuliskan BUSTANUL JADID. Saya berharap sekali anda dapat membantu saya, dikarnakan saya lagi butuh sekali kaligrafi untuk majelis saya. kalau bisa tolong hasilnya dikirim ke email saya : muhammad.firdaus17@ymail.com. Maaf jika saya mengganggu anda terima kasih Assalamualaikum

  10. May 20th, 2009 at 21:11 | #10

    Vwhaduh.. terima kasih atas kepercayaan njenengan (anda).. saya akan berusaha membantu, tapi mohon anda kirimkan (ke paknenisna@yahoo.com.au)penulisannya secara tepat, supaya tidak kerja dua kali. Saya agak ragu, apakah penulisan “bustanul jadid” yang ada di pikiran saya tepat seperti yang njenengan inginkan.

Komentar atau pertanyaan, tulis di sini


Bila tidak sesuai dengan topik yang sedang dibahas, mungkin tidak akan direspon. Yang bernada spamming akan segera dihapus.