PUSAT SOFTLENS MURAH KLIK DI SINI                    <<|>>                    SOFTWARE ADMINISTRASI OPTIK KLIK DI SINI                    <<|>>                    OPTOTIP/SNELLEN DENGAN MONITOR LCD KLIK DI SINI
Web Hosting
Home > Tentang Kami > Biar Makin Ciamik, Operasi Plastik

Biar Makin Ciamik, Operasi Plastik

Beberapa hari belakangan ini, pengunjung web Optik Nisna yang menggunakan setingan resolusi kurang dari 1024 piksel pada lebar tampilan monitor, akan menemukan munculnya scrollbar di sisi bawah jendela perambahnya. Eh, ada yang nggak kerasa nggak ya?
Yup.. tampilan kita memang menjadi lebih lebar. Ceritanya, melihat banyak blog yang menggunakan format halaman 3 kolom, saya kok jadi pengin ikut – ikutan. Lagian, kayaknya dah banyak deh yang memakai setingan resolusi 1024 pixel untuk lebar tampilan monitor, sehingga format tampilan 3 kolom yang kebanyakan membutuhkan setingan seperti itu tidak akan [terlalu] menimbulkan masalah.

Mulai lah saya berburu themes WordPress yang tipe 3 kolom, untuk mengganti tampilan web Optik Nisna ini. Hampir 3 minggu (sampai blankmood buat nulis artikel) mencoba – coba, bahkan mengutak – atik lebih dari 10 themes, kok belum nemu yang pas bener di hati. Barangkali hati ini dah beneran jatuh demen sama tampilan selama ini yang ijo – ijo, biarpun masih 2 kolom. Vwhaduh..
Karena males untuk berburu lagi, terbersit pikiran untuk memodifikasi saja tampilan yang dah dipakai selama ini. Agak – agak sangsi juga, secara saya tidak begitu menguasai dasar – dasar CSS, apalagi PHP. Konsep langkah pengerjaan yang terpikirkan sih sangat sederhana, hanya melebarkan bagian container, lalu memecah elemen sidebar dari semula 1 kolom menjadi 2 kolom.
Setelah menyempatkan baca – baca sebentar di sini akhirnya saya putuskan untuk melakukan sedikit operasi plastik pada bagian CSS. Mula – mula, coba – coba mengubah parameter lebar container. Save, trus preview. It works..!! Seenengnyaa.. Makin manteb ati, dengan keyakinan 99% mulailah saya berusaha memecah sidebar menjadi 2 kolom. Sempat beberapa kali error juga sih, tapi akhirnya berhasil juga ternyata. Yuuhuu..
Terakhir, berhubung container-nya menggunakan image sebagai background, maka saya pun menambah panjang image tersebut sesuai dengan lebar container yang baru. Nha.. jadilah website ini tampil dalam format 3 kolom, tanpa harus menceraikan themes yang selama ini dah diutak – atik dan nancep di hati.


Mengcopy dan mempublish ulang artikel dari website ini diperkenankan, asal menyebutkan/mencantumkan (secara eksplisit) sumbernya serta tidak mengubah judul maupun isi artikel

  1. No comments yet.
You must be logged in to post a comment.